Posted in:
By Eko NP Andi 1 komentar

Menunggu Kejutan Indonesia Lagi...

Laga kedua timnas Indonesia di ajang Pra Piala Asia 2011 beberapa jam lagi akan berlangsung. Bertindak sebagai tuan rumah, seharusnya peluang meraih hasil maksimal terbuka lebar. Setelah mampu menahan tuan rumah Oman bermain imbang tanpa gol, motivasi pemain Indonesia sedang bagus. Apalagi tim tamu, Australia, juga tidak akan diperkuat oleh punggawanya yang merumput di Eropa. Australia "hanya" menurunkan tim yang mayoritas pemainnya bermain di liga lokal serta minim pengalaman internasional.
Apalagi menurut berita yang aku baca di Jawa Pos, kemarin pagi, Pim Verbeek (pelatih Australia) kemungkinan besar tidak akan berada di bench tim asuhannya itu. Pelatih asal Belanda tersebut dikenai sanksi oleh AFC, 3 kali larangan mendampingi tim asuhannya. Sanksi itu didapatkannya saat mendampingi Korsel dalam perebutan tempat ketiga Piala Asia 2007 silam.

Menyerang dan Bertahan
Kesempatan untuk meraih poin tetap terbuka bagi timnas. Disiplin adalah kunci utama, jika pasukan merah putih ingin meraih hasil maksimal. Saat menyerang dan bertahan.
Formasi 4-4-2 boleh dikata adalah formasi yang ideal menurutku untuk pertandingan kali ini. Duet Bambang-Boaz layak dicoba, dengan Arif Suyono dan Budi sebagai penopang serangan di sektor sayap. Firman Utina sebagai sang pengatur serangan dibantu Harianto yang di Muscat menunjukkan permainan menawan, untuk meredam serangan. Duet center back Charis Yulianto dan Maman, sepertinya tak tergoyahkan untuk menjaga area sentral pertahanan. Selain itu, 4-2-3-1 bisa dijadikan alternatif, dengan memasang BP sebagai penyerang tunggal. Boaz Solossa dan Budi Sudarsono sebagai penopang serangan lewat sisi.
Mengantisipasi postur pemain-pemain Australia yang rata-rata tinggi besar duet big man Charis-Nova bisa jadi alternatif. Atau menggunakan empat big man sejajar.
Sekali lagi, kedisiplinan adalah harga mati jika ingin hasil terbaik, tiga poin. Serta mengurangi kesalahan sekecil apapun.
Oke, sekian dulu preview-nya.

One Response so far.

  1. Hery rhey says:

    klo gitu sy yakin indonesia pasti buat kejutan. jaya truz indonesia.....jgn mau klh yach minimal imbang dech udah cukup.ok