Posted in:
By Eko NP Andi 5 komentar

Harus Bisa!!!

Judul Buku : Harus Bisa! Seni Memimpin Ala SBY

Sub Judul : Catatan Harian Dr. Dino Patti Djalal
Penulis : Dr. Dino Patti Djalal

Satu lagi buku bagus. Buku itu adalah Harus Bisa! Seni memimpin ala SBY (Sebuah catatan harian sang penulis). Buku yang ditulis oleh Dino Patti Djalal, salah satu staf presiden. Buku ini semacam catatan harian dari penulis, dimana di situ disajikan pengalaman-pengalaman penulis selama mendampingi presiden. Disamping itu, kita juga akan diajak untuk mengenal gaya kepemimpinan seorang SBY, yang selama ini tidak banyak diketahui oleh masyarakat luas. Selama ini yang ada di kepala orang kebanyakan tentang SBY adalah salah satu sikapnya yang peragu. Nah, di buku ini semua yang tidak diketahui orang tentang sosok SBY dikupas habis.
***
Buku ini adalah referensi yang sangat berharga tentang leadership. Salah satu buku yang wajib dibaca untuk para pemimpin dan calon pemimpin, dan pemimpi tentu saja. Seperti kita ketahui, jarang sekali buku-buku tentang leadership yang digambarkan dengan gamblang, tentang bagaimana sebuah keputusan diciptakan, kebanyakan buku sejenis hanya berkutat pada teori semata. Didalam buku ini, sepak terjang SBY dalam menghadapi segala masalah, dan saat-saat pengambilan keputusan seorang presiden disajikan dari balik layar, yang tentunya tidak banyak diketahui oleh public.
Dino Patti Djalal, dengan posisinya yang memungkinkan beliau untuk mengenal sosok SBY dari dekat, menggambarkan dengan jeli pemahamannya tentang sosok SBY. Sebagai seorang penulis, sepemahaman saya, beliau berusaha untuk menuliskannya seobjektif mungkin. Hal itu seperti permintaan pribadi presiden, agar dirinya ditulis dari kacamata yang objektif.
Dalam benak saya, ketika pertama kali membaca, sudah su’udzon terlebih dahulu, ‘jangan-jangan cuma promosi?’, ‘jangan-jangan, jangan-jangan…’. Namun, setelah membuka-buka halaman demi halaman dan setelah mencoba memposisikan diri sebagai pembaca objektif, saya semakin tertarik untuk melanjutkan ke lembar berikutnya. Memang, untuk membaca buku ini kita harus memposisikan diri sebagai pembaca yang objektif. Tanpa prasangka apapun, untuk memahami apa yang sesungguhnya ingin disampaikan oleh penulis.
***
Saya akui, buku ini sangat bagus dan layak untuk dijadikan salah satu koleksi. Hanya yang agak disayangkan, buku ini tidak dijual bebas. Hanya dicetak terbatas, untuk pegawai negeri. Itupun tidak semua pegawai negeri, mungkin hanya pegawai negeri setingkat eselon sekian yang beruntung bisa memilikinya.
Saya saja, bisa membaca buku ini setelah pinjam dari seorang teman yang kebetulan ayahnya bekerja sebagai staf di rektorat kampus tempat saya menimba ilmu. Dan, ini menurut perkataan teman saya itu, tidak semua staf yang mendapatkan buku ini. Jadi, dalam pemikiran singkat saya buku ini memang langka. Akibat dari langkanya buku ini, saya jadi tak bisa melampiaskan kebiasaan saya terhadap buku.
Harusnya, buku sebagus ini dijual secara bebas. Terlalu berharga jika buku ini hanya bisa dinikmati oleh segelintir orang. Sementara negeri ini sedang mengalami krisis kepemimpinan. Jadi, untuk mencetak calon-calon leader diperlukan banyak referensi tentang leadership, terutama pemimpin dari negeri sendiri.

5 Responses so far.

  1. niappa says:

    Thx, udah kunjungin blog saya. Blog anda juga bagus dan harus terus dibina, karena masih sedikit blog yang mereview tentang buku.

    Setuju banget kalo jadi pemimpin itu memang gak gampang. Dan sudah pasti banyak bawahan yang 'ngrasani'. Tapi seorang pemimpin yang baik pasti menjadi panutan.

    Baru tau kalo buku ini dicetak terbatas. Sudah cek di Togamas? Karena beberapa waktu yang lalu, saya sempat menjumpai Bannernya di Togamas Surabaya.

    Salam buku.

  2. terima kasih mas, udh berkunjung dan meninggalkan komennya...
    Kemarin udah cek d Togamas, tepatnya hari minggu akhir januari lalu dan ternyata belum ada.
    Yang rilis itu kan buku terbaru SBY, saya lupa judulnya dan bukan buku ini...

  3. Ant says:

    yup2 bukuini bagus banget. Tp q blm slese bacanya. lebih suka baca buku ini secara acak perbabnyaa.

    Hm iya buku ini emagn dicetak terbatas, aku aja sempat baca di rumah temenku yang om-nya caleg Demokrat hwhwhwh hw

  4. huahahaha...
    moco tek'e wong demokrat to?
    Jalukken ae pisan pek, timbangane d gawe hiasan...

  5. Linny says:

    hmmm.... jadi penasaran... (kayake u dah tau deh)..

    PINJEMIN AKU, DONK!!!